Wednesday, January 30, 2013

Daftar Produk Kosmetik Berbahaya 2013


Bagi anda khususnya kaum wanita yang gemar atau suka menggunakan aneka produk kosmetik untuk mempercantik diri atau wajah, ada baiknya simak data atau daftar produk kosmetik berbahaya yang baru-baru ini dirilis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Aneka produk kosmetik kecantikan yang mesti anda hindari di tahun 2013 dan seterusnya beserta mereknya. Karena terbukti setelah diteliti BPOM, produk-produk kosmetik berikut ini mengandung zat atau bahan berbahaya bagi tubuh, kulit dan kesehatan secara umum.
Berikut produk-produk kosmetik berbahaya dan dinyatakan BPOM tidak layak dipakai :
Karena mengandung merkuri:
  1. DR. Whitening treatment night cream,
  2. LIE CHE Day Cream,
  3. LIE CHE Whitening Soap,
  4. LIEN HUA Night Cream (Bunga Teratai),
  5. LIEN HUA Day Cream (Bunga Teratai),
  6. Walet Krim (Day Cream Small),
  7. Walet Krim (Night Cream Small),
  8. Pemutih Dokter,
  9. SP Special UV Whitening,
  10. Spesial Pearl Cream Super,
  11. Pemutih Sejuta Bintang,
  12. Racikan Walet Putih,
  13. Night Cream SJ SIN JUNG,
  14. Day Cream SJ UV White SJ SIN JUNG,
  15. Vitamin Pemutih Kecantikan,
  16. Klip 80″S Night Cream,
  17. Klip 80″S Day Cream,
  18. VAYALA Nightly Cream,
  19. VAYALA Daily Cream,
  20. VAYALA Sabun Transparan.
Karena mengandung pewarna dilarang:
  1. JUST MISS Lip Color Lipstick No.41,
  2. FEVES Color Cream 0.43 Phoenix Red,
  3. FEVES Color Cream 0.43 Phoenix Red (NA),
  4. FEVES Color Cream 5.36 Golden Cupprum,
  5. POND’S Beauty Care Make Up Lipstick Colorful Eye Shadow Two Way Cake (pink),
  6. IZOUCA Eye Shadow Two Way Cake with Pearl Nutrient,
  7. TAILAIMEI 3 in 1 Two way cake and eye shadow no.A3,
  8. TAILAIMEI eye shadow and blusher 3 two way cake no. A12,
  9. TAILAIMEI make up kit eye shadow and lipstick 7 blusher and two way cake no.A81,
  10. TAILAIMEI make up kit compact powder, eye shadow blusher and lipstick No. A73,
  11. TAILAIMEI fashion make up kit eye shadow lipstick and blusher and two way cake no.A92,
  12. TAILAIMEI Make Up kit eye shadow lipstick No.A64,
  13. TAILAIMEI Make Up Kit beautiful color no.A78,
  14. TAILAIMEI 12 Eye Shadow and 4 Blush and 3 Two way cakes,
  15. TAILAIME make up kita eye shadow, blusher two way cake No.A10,
  16. TAILAIMEI make up kit compact powder eye shadow blusher and lipstick no.A65,
  17. TAILAIMEI make up kit eye shadow blusher two way cake,
  18. TAILAIMEI make up kit eye shadow lipstick blusher and two way cake No.A67,
  19. TAILAIMEI make up kit complete beauty care eye shadow
  20. TAILAIMEI lipstick blusher two way cake No.A88,
  21. TIANNUO Lipstick Paris,
  22. PUND’S Lip Beauty Moisture.
Karena mengandung hidrokinon;
  1. SBM-2 Cream,
  2. SB-2 Cream,
  3. SBM-1 Cream,
  4. SB-1 Cream,
  5. SB-3 Cream,
  6. SL-2 Cream.
Itulah daftar produk kosmetik yang dinyatakan berbahaya untuk dipakai. So, bagi anda yang sering menggunakan produk kosmetik dan kecantikan, ada baiknya untuk lebih teliti dalam membeli dan memakai produk kosmetik, baik yang dibeli di pasaran, swalayan, toko kosmetik atau kecantikan maupun toko online. Adapun untuk toko online yang sejauh ini saya simak, yang menjual produk kosmetik yang aman digunakan adalah Cantikmodis.com – anda bisa lihat produk-produk kosmetik terbaik dengan harga terjangkau di websitenya.

Jadwal Race MotoGP 2013


Jadwal Race MotoGP 2013 – Inilah agenda atau jadwal balapan dari 19 seri yang akan berlangsung di ajang balap motor kelas MotoGP di musim 2013 yang akan dimulai 7 April 2013 hingga 10 November 2013 nanti. Dimulai dari sirkuirt Losail di Qatar dan berakhir di Sirkuit Valencia Spanyol.
Seperti musim sebelumnya, balapan (race) MotoGP di Indonesia masih akan disiarkan oleh Trans7 sebagai pemegang hak siar MotoGP di Indonesia. Jadi, secara gratis kita dapat menontonnya baik secara langsung maupun secara tunda, dan berikut adalah jadwal lengkapnya beserta nama sirkuit dan waktu balapannnya!
Jadwal Balapan MotoGP 2013
  • 7 April 2013 – Losail, Qatar
  • 5 Mei 2013 – Jerez, Spanyol
  • 9 Mei 2013 – Le Mans, Perancis
  • 2 Juni 2013 – Mugello, Itali
  • 16 Juni 2013 – Catalunya, Catalunya
  • 29 Juni 2013 – Assen, Belanda
  • 7 Juli 2013 – Sachsenring, Jerman
  • 21 Juli 2013 – Mazda Raceway, USA
  • 18 Agustus 2013 – Indianapolis, USA
  • 25 Agustus 2013 – Brno Republic Ceko
  • 1 September 2013 – Silverstone, Inggris
  • 15 September 2013 – Misano, Itali
  • 29 September 2013 – Aragon, Spanyol
  • 13 Oktober 2013 – Sepang, Malaysia
  • 20 Oktober 2013- Phillips Island, Australia
  • 27 Oktober 2013 – Motegi, Jepang
  • 10 November 2013 – Valencia, Spanyol

Tuesday, January 29, 2013

Cara Menampilkan Peta Google Map di Postingan Blog

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. dalam menulis suatu artikel yang menunjukan atau menceritakan suatu tempat maka tidak lengkap jika kita tidak menyertakan gambar atau peta dimana tempat yang di ceritakan dalam artikel tersebut, agar supaya pembaca dapat mengetahui pasti dimana tempat yang di ceritakan tersebut.

nah kali ini saya akan berbagi tips bagai mana cara menambahkan Peta Google maps ke dalam postingan Blogger. berikut caranya :

  • Buka Google Maps
  • lalu "Cari Alamat yang akan di muat ke dalam postingan" (Misal Saya contohkan Pasar Bawah - Pekanbaru)
  • Kemudian Klik tombol "Link" yang ada tepat di sebelah kanan tombol bergambar print
  • Copy Kode HTML iframe (Bagian Bawah)

  • Jika sudah kemudia Paste Code HTML iframe tadi kedalam Postingan Blog Seperti ini

  • Save
  • Kemudian inilah hasilnya :


Peta Lokasi Pasar Bawah Pekanbaru - RIAU :


View Pasar Bawah in a larger map

Selamat Mencoba

Biografi : B.J. Habibie (Presiden Indonesi ke III )

Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie yang menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 ini dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas berpegang pada prinsip telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda dan membaca ini dikenal sangat cerdas ketika masih menduduki sekolah dasar, namun ia harus kehilangan bapaknya yang meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung saat ia sedang shalat Isya.

Tak lama setelah ayahnya meninggal, Ibunya kemudian menjual rumah dan kendaraannya dan pindah ke Bandung bersama Habibie, sepeninggal ayahnya, ibunya membanting tulang membiayai kehidupan anak-anaknya terutama Habibie, karena kemauan untuk belajar Habibie kemudian menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School. Di SMA, beliau mulai tampak menonjol prestasinya, terutama dalam pelajaran-pelajaran eksakta. Habibie menjadi sosok favorit di sekolahnya.

Karena kecerdasannya, Setelah tamat SMA di bandung tahun 1954, beliau masuk di ITB (Institut Teknologi Bandung), Ia tidak sampai selesai disana karena beliau mendapatkan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk melanjutkan kuliahnya di Jerman, karena mengingat pesan Bung Karno tentang pentingnya Dirgantara dan penerbangan bagi Indonesia maka ia memilih jurusan Teknik Penerbangan dengan spesialisasi Konstruksi pesawat terbang di  Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule (RWTH)Ketika sampai di Jerman, beliau sudah bertekad untuk sunguh-sungguh dirantau dan harus sukses, dengan mengingat jerih payah ibunya yang membiayai kuliah dan kehidupannya sehari-hari. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1955 di Aachean, 99% mahasiswa Indonesia yang belajar di sana diberikan beasiswa penuh. Hanya beliaulah yang memiliki paspor hijau atau swasta dari pada teman-temannya yang lain Musim liburan bukan liburan bagi beliau justru kesempatan emas yang harus diisi dengan ujian dan mencari uang untuk membeli buku. Sehabis masa libur, semua kegiatan disampingkan kecuali belajar. Berbeda dengan teman-temannya yang lain, mereka; lebih banyak menggunakan waktu liburan musim panas untuk bekerja, mencari pengalaman dan uang tanpa mengikuti ujian.

Beliau mendapat gelar Diploma Ing, dari Technische Hochschule, Jerman tahun 1960 dengan predikat Cumlaude (Sempurna) dengan nilai rata-rata 9,5, Dengan gelar insinyur, beliau mendaftar diri untuk bekerja di Firma Talbot, sebuah industri kereta api Jerman. Pada saat itu Firma Talbot membutuhkan sebuah wagon yang bervolume besar untuk mengangkut barang-barang yang ringan tapi volumenya besar. Talbot membutuhkan 1000 wagon. Mendapat persoalan seperti itu, Habibie mencoba mengaplikasikan cara-cara kontruksi membuat sayap pesawat terbang yang ia terapkan pada wagon dan akhirnya berhasil.

Setelah itu beliau kemudian melanjutkan studinya untuk gelar Doktor di Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachean kemudian Habibie menikah pada tahun 1962 dengan Hasri Ainun Habibie yang kemudian diboyong ke Jerman, hidupnya makin keras, di pagi-pagi sekali Habibie terkadang harus berjalan kaki cepat ke tempat kerjanya yang jauh untuk menghemat kebutuhan hidupnya kemudian pulang pada malam hari dan belajar untuk kuliahnya, Istrinya Nyonya Hasri Ainun Habibie harus mengantri di tempat pencucian umum untuk mencuci baju untuk menhemat kebutuhan hidup keluarga. Pada tahun 1965 Habibie mendapatkan gelar Dr. Ingenieur dengan penilaian summa cumlaude (Sangat sempurna) dengan nilai rata-rata 10 dari Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachean.

Rumus yang di temukan oleh Habibie dinamai "Faktor Habibie" karena bisa menghitung keretakan atau krack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang sehingga ia di juluki sebagai "Mr. Crack". Pada tahun 1967, menjadi Profesor kehormatan (Guru Besar) pada Institut Teknologi Bandung. dari tempat yang sama tahun 1965. Kejeniusan dan prestasi inilah yang mengantarkan Habibie diakui lembaga internasional di antaranya, Gesselschaft fuer Luft und Raumfahrt (Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar) Jerman, The Royal Aeronautical Society London (Inggris), The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences (Swedia), The Academie Nationale de l'Air et de l'Espace (Prancis) dan The US Academy of Engineering (Amerika Serikat). Sementara itu penghargaan bergensi yang pernah diraih Habibie di antaranya, Edward Warner Award dan Award von Karman yang hampir setara dengan Hadiah Nobel. Di dalam negeri, Habibie mendapat penghargaan tertinggi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Ganesha Praja Manggala Bhakti Kencana.

Langkah-langkah Habibie banyak dikagumi, penuh kontroversi, banyak pengagum namun tak sedikit pula yang tak sependapat dengannya. Setiap kali, peraih penghargaan bergengsi Theodore van Karman Award, itu kembali dari “habitat”-nya Jerman, beliau selalu menjadi berita. Habibie hanya setahun kuliah di ITB Bandung, 10 tahun kuliah hingga meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat Summa Cum laude. Lalu bekerja di industri pesawat terbang terkemuka MBB Gmbh Jerman, sebelum memenuhi panggilan Presiden Soeharto untuk kembali ke Indonesia.

Di Indonesia, Habibie 20 tahun menjabat Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT, memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, dipilih MPR menjadi Wakil Presiden RI, dan disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI menggantikan Soeharto menjadi Presiden Republik Indonesia ke 3. Soeharto menyerahkan jabatan presiden itu kepada Habibie berdasarkan Pasal 8 UUD 1945. Sampai akhirnya Habibie dipaksa pula lengser akibat refrendum Timor Timur yang memilih merdeka. Pidato Pertanggungjawabannya ditolak MPR RI. Beliau pun kembali menjadi warga negara biasa, kembali pula hijrah bermukim ke Jerman. 

Pada tanggal 22 Mei 2010, Hasri Ainun Habibie, istri BJ Habibie, meninggal di Rumah Sakit Ludwig Maximilians Universitat, Klinikum, Muenchen, Jerman. Ia meninggal pada hari Sabtu pukul 17.30 waktu setempat atau 22.30 WIB. Kepastian meninggalnya Hasri Ainun dari kepastian Ali Mochtar Ngabalin, mantan anggota DPR yang ditunjuk menjadi wakil keluarga BJ Habibie. Ini menjadi duka yang amat mendalam bagi Mantan Presiden Habibie dan Rakyat Indonesia yang merasa kehilangan. Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya. Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah segalanya, pengisi kasih dalam hidupnya. Namun setiap kisah mempunyai akhir, setiap mimpi mempunyai batas. 

Pada Awal desember 2012, sebuah film yang berjudul "Habibie dan Ainun" diluncurkan, film ini Mengangkat kisah nyata tentang romantisme kedua saat remaja hingga menjadi suami istri dan saat ajal memisahkan mereka. Film yang diambil dari buku terlaris karya BJ Habibie, Film ini di garap oleh dua sutradara yaitu Faozan Rizal dan Hanung Bramantyo, dengan pemeran Reza Rahardian sebagai Habibie dan Bunga Citra Lestari sebagai Ainun Habibie. 


Sebagian Karya beliau dalam menghitung dan mendesain beberapa proyek pembuatan pesawat terbang :

* VTOL ( Vertical Take Off & Landing ) Pesawat Angkut DO-31.
* Pesawat Angkut Militer TRANSALL C-130.
* Hansa Jet 320 ( Pesawat Eksekutif ).
* Airbus A-300 ( untuk 300 penumpang )
* CN - 235
* N-250
* dan secara tidak langsung turut berpartisipasi dalam menghitung dan mendesain:
· Helikopter BO-105.
· Multi Role Combat Aircraft (MRCA).
· Beberapa proyek rudal dan satelit.

Sebagian Tanda Jasa/Kehormatannya :

* 1976 - 1998 Direktur Utama PT. Industri Pesawat Terbang Nusantara/ IPTN.
* 1978 - 1998 Menteri Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
* Ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi / BPPT
* 1978 - 1998 Direktur Utama PT. PAL Indonesia (Persero).
* 1978 - 1998 Ketua Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam/ Opdip Batam.
* 1980 - 1998 Ketua Tim Pengembangan Industri Pertahanan Keamanan (Keppres No. 40, 1980)
* 1983 - 1998 Direktur Utama, PT Pindad (Persero).
* 1988 - 1998 Wakil Ketua Dewan Pembina Industri Strategis.
* 1989 - 1998 Ketua Badan Pengelola Industri Strategis/ BPIS.
* 1990 - 1998 Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-lndonesia/lCMI.
* 1993 Koordinator Presidium Harian, Dewan Pembina Golkar.
* 10 Maret - 20 Mei 1998 Wakil Presiden Republik Indonesia
* 21 Mei 1998 - Oktober 1999 Presiden Republik Indonesia

Referensi :
http://kolom-biografi.blogspot.com
http://kepustakaan-presiden.pnri.go.id
http://www.e-smartschool.com/



Sejarah : Industri Perminyakan di Indonesia

Bangsa Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya sejak 67 tahun yang lalu. Namun demikian, belum begitu dirasakan dalam pengelolaan sektor migas kita.

Jauh sebelum hari kemerdekaan itu, di tahun 1871, industri perminyakan di sektor hulu telah dimulai dengan adanya pemboran sumur minyak pertama di Indonesia, yakni pemboran sumur di desa Maja, Majalengka, Jawa Barat, oleh pengusaha belanda bernama Jan Reerink. Sumur ini hanya berselang 12 tahun dari sumur minyak pertama di dunia yang dibor di Pensylvania, Amerika Serikat, oleh Kolonel Edwin L Drake dan William Smith de Titusville (1859). Akan tetapi tidak menuai hasil yang seperti diharapkan, akhirnya Reerink menutup sumur tersebut.

Kemudian di tahun 1883, seorang Belanda bernama AG Zeijlker mencoba membor sumur di tengah perkebunan karet dan menemukan sumber minyak yang pertama di Indonesiayang relatif besar saat itu, yaitu lapangan minyak Telaga Tiga dan Telaga Said di dekat Pangkalan Brandan. Penemuan ini kemudian menjadi modal pertama suatu perusahaan minyak yang kini dikenal sebagai Shell. Pada waktu yang bersamaan, juga ditemukan lapangan minyak Ledok di Cepu (Jawa Tengah), Air Hitam di dekat Muara Enim (Sumatera Selatan), dan Riam Kiwa di daerah Sanga-Sanga (Kalimantan).

Sejalan dengan sejarah perminyakan Indonesia di sektor hulu, kegiatan perminyakan di sektor hilir juga sudah dimulai sejak dibangunnya kilang pertama di Indonesia, yakni di Wonokromo(1889), yaitu untuk mengolah minyak mentah hasil penemuan-penemuan baru sumur-sumur minyak di daerah Cepu dan di Jabakota (dekat Surabaya). Selanjutnya, beberapa kilangdidirikan untuk menampung dan mengolah minyak mentah dari daerah Sumatra Utara, Sumatra Selatan, hingga Kalimantan. Maka, tersebutlah dalam sejarah kilang Indonesia antara lain:kilang Pangkalan Brandan (1891), kilang Cepu (1894), kilang Balikpapan (1894), kilang Plaju (1904), kilang Sungai Gerong (1926), dan seterusnya hingga ke kilang generasi yang terbaru di Cilacap (Jawa Tengah) dan Balongan (Jawa Barat) pada periode 1970-80an.

Dalam sejarah tersebut tertulis bahwa pada periode awal, pengembangan lapangan migas dilakukan oleh orang-orang Belanda untuk kepentingan perang. Belum ada perdagangan yang luas (ekspor-import) mengenai produk yang dihasilkan, selain untuk kebutuhan pembuatan jalan (aspal), bahan bakartransportasi, dan mesiu untuk berperang. Baru pada periode kemerdekaan Indonesia (1945 รข€“ 1950), para pejuang berupaya merebut penguasaan perusahaan migas dari tangan Jepang. Namun ternyata jalan ceritanya tidak berjalan mulus, karena keburu Belanda datang kembali bersama pasukan NICA, yang terkenal sebagai fase Agresi Belanda I (1947). Pada saat itulah,para pejuang yang dipimpin Bung Karno mengambil alih perusahaan-perusahaan minyak Belanda untuk dapat dikelola sendiri. Beberapa perusahaan minyak pribumi kemudian berdiri menggantikan sebagian perusahaan-perusahaan minyak Belanda, seperti Perusahaan Tambang Minyak Negara Republik Indonesia Sumatera Utara (PTMNRI Sumatera Utara), Perusahaan Negara Pertambangan Minyak Indonesia (Permiri) Sumsel dan Jambi, dan Perusahaan Tambang Minyak Negara Cepu (PTMN Cepu). Keadaan semakin sulit pada saat terjadi Agresi Belanda II (1948), dimana mereka dapat kembali menguasai kilang Cepu dan Lapangan Kawengan, dan beberapa lapangan minyak lainnya, seperti lapangan Bongas dan Randegan (Jawa Barat), dibumi-hanguskan. Perang benar-benar mengakibatkan banyak kerusakan pada saat itu karena antara pejuang dan penjajah saling menghancurkan fasilitas yang dimiliki lawannya. Pejuang Indonesia menguasai beberapa lapangan minyak kecil di daerah Pendopo, Talang Akar, Prabumulih dan Jambi. Sementara Belanda menguasai lapangan dan kilang di Pulau Jawa dan Sumatra Selatan, seperti kilang Wonokromo, Plaju, Sungai Gerong, dan Balikpapan(Kalimantan). Mereka menimbun dan mendistribusikan melalui pengangkutan laut untuk memenuhi kebutuhan daerah pendudukan Belanda, seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Banjarmasin, Makassar, Menado, dan kota-kota lainnya.

Akhirnya, pada periode berikutnya bangsa ini harus terusberjuang memperbaiki kembali puing-puing perang,merehabilitasi lapangan minyak dan kilang yang sudah hancur, termasuk perbaikan sarana penimbunan dan pendistribusian (jalur pipa-pipa produksi), serta pengangkutan.

Pada 10 Desember 1957 Dr. Ibnu Sutowo diserahi tugasmembentuk sebuah perusahaan minyak yang berstatus hukum, bernama P.T. PERMINA. Inilah cikal bakal terbentuknya perusahaan minyak nasional Indonesia. Maka di tahun-tahun berikutnya PERMINA dapat mengekspor minyak mentah untuk pertama kali, dan mengadakan perjanjian kerjasama dengan perusahaan-perusahaan minyak asing. Lalu dengan diundangkannya UU Minyak dan Gas Bumi No. 44 tahun 1960, tanggal 26 Oktober 1960, seluruh pengusahaan minyak di Indonesia dilaksanakan oleh Negara. Akhirnya berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 27/1968 tanggal 20 Agustus 1968dibentuklah Perusahaan Negara Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Nasional, disingkat PN Pertamina. Dengan bergulirnya Undang Undang No. 8 Tahun 1971 sebutan perusahaan menjadi PERTAMINA. Sebutan ini tetap dipakai setelah PERTAMINA berubah status hukumnya menjadi PT PERTAMINA (PERSERO) pada tanggal 17 September 2003 berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2001 pada tanggal 23 November 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

Begitu panjang dan berliku perjuangan bangsa ini untuk membentuk perusahaan kebanggan nasional dalam sektor migas. Sudah banyak sekali peran yang diberikannya dalam membangun bangsa dan negara ini. Sebagai wahana perjuangandan wahana sosial, sudah jelas, karena dari awalnya perusahaan nasional di sektor migas ini telah menopang begitu banyak kebutuhan perjuangan, membangun sarana dan prasarana,mengisi kemerdekaan dengan meningkatkan taraf pendidikan, menyelenggarakan berbagai program pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia.

Maka, adalah naif jika bangsa ini tidak ikut menumbuh-kembangkan perusahaan nasional. Pikiran-pikiran yang masih terbelenggu oleh pesona asing yang lebih hebat dan mengerdilkan kemampuan bangsa sendiri harus dihapuskan.Sektor migas harus di-merdeka-kan. Bangsa ini harus cepat dibangunkan dari mimpi yang menina-bobokan. Bangun bersama untuk berjuang demi kemajuan bangsa dan negara ini.

Kita semua harus sadar bahwa kita tidak perlu perang, apalagi menjajah bangsa lain, untuk mendapatkan migas dan energi lain di negeri orang. Kita cukup mengoptimalkan energi yang cukup berlimpah di negeri ini. Yang kita perlukan adalah menyusunkebijakan yang membela bangsa sendiri. Investor tidak akan kabur jika tidak mendapatkan sumber migas yang sudah cukup lama dinikmatinya, bahkan sejak jaman jauh sebelum Kemerdekaan Indonesia. Sumber-sumber migas harus kita kuasai dalam arti yang sebenar-benarnya. Kita harusmembebaskannya dari belenggu penguasaan bangsa lain, karenabangsa ini telah mampu dan sanggup mengelolanya sendiri.

Kalaupun kita masih memerlukan mitra dalam mengelola energi ini, berikan mereka peluang di lahan-lahan eksplorasi yang memang masih memerlukan pendalaman studi dan penerapan teknologi terkini. Berikan mereka data yang cukup lengkap untuk dianalisa dan dikaji. Lakukan survey oleh pemerintah dari sebagian hasil migas. Kita sediakan permadani yang indah untuk para investor asing yang ingin menanamkan kapitalnya di Indonesia. Permadani dalam berbagai macam data dan informasi yang mutakhir tentang sumber daya energi kita.Bukan hanya migas, tapi berikan data untuk mengembangkan juga energi alternatif, yang ramah lingkungan sebagai jawaban pertanggung-jawaban kita pada pemilik alam ini, dan anak cucu kita di masa depan.

Kalau jalan itu sudah ditempuh, maka lapang dan jelaslah tujuan kita. Merdekalah sektor migas dan energi kita, untuk mengukir masa depannya sendiri, terbang bersama jiwa-jiwa yang melayang menembus mimpi-mimpi besar para pejuang negeri ini, yakni: menjadi bangsa yang besar dan dihormati,yang berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.


referensi : http://www.migas-indonesia.com

Negara-negara Terkecil di Dunia

 1. Vatican City [0,2 mil persegi]



Negara Vatikan yang terletak di kota Roma Italia. Walaupun berada dalam wilayah negara Italia, Vatikan adalah sebuah negara tersendiri. Vatikan adalah kota suci umat Katolik. Neagara ini memiliki populasi penduduk 770 jiwa, namun tak satupun penduduknya sebagai penduduk tetap.

2. Monako [0,7 mil persegi]
Negara kecil Monako terletak di sepanjang Riviera, Perancis, di pantai Mediterania Perancis dekat Nice. Negara ini berbentuk kerajaan dan sudah ada sejak abad ke-13. Berpenduduk 32.000 jiwa dan terkenal dengan kasino Monte Carlo dan Putri Grace.

3. Nauru [8,5 mil persegi]
Nauru atau Pulau Nauru adalah sebuah negara kecil yang terletak di Samudera Pasifik. Negara ini berpenduduk sekitar 13.000 jiwa. Ekonomi Nauru bargantung pada pertambangan posfat. Negara Nauru merdeka pada tahun 1968 dan sebelumnya dkenal dengan nama Pleasant Island.

4. Tuvalu [9 mil persegi]
Tuvalu adalah terdiri dari 9 pulau karang di sepanjang rantai 360 mil di Polinesia. Tuvalu memperoleh kemerdekaan pada tahun 1978. Negara ini dihuni 12.000 jiwa penduduk.

5. San Marino [24 mil persegi]
Terletak di Mt. Titano di utara Italia tengah, San Marino memiliki 29.000 penduduk. Negara yang mengklaim sebagai negara tertua di Eropa ini telah didirikan pada abad keempat masehi.

6. Liechtenstein [62 mil persegi]
 
Liechtenstein adalah microstate dari 34.000 jiwa penduduknya, terletak di Sungai Rhine antara Swiss dan Austria di Pegunungan Alpen.

7. Kepulauan Marshall [70 mil persegi]

 
Kwajalein adalah salah satu pulau karang Kepulauan Marshall , termasuk terbesar di dunia, dan 34 pulau-pulau lainnya masuk dalam wilayah Keulauan Marshall. Populasi penduduk mencapai 58.000jiwa. Memperoleh kemerdekaan pada tahun 1986, mereka dulunya bagian dari Wilayah Kepercayaan Kepulauan Pasifik (dan dikelola oleh Amerika Serikat).

referensi : onthespot

Sejarah : Nasi Goreng


Nasi goreng Siapa yang tidak pernah menyantap makanan yang satu ini. Paduan bumbu dan nasi yang digoreng ini membuat semua lidah bergoyang menikmatinya. Nasi goreng bahkan dinobatkan menjadi makanan paling enak di Dunia. Hal ini sepadan karena berbagai macam rasa membuat nasi goreng ini sulit dideskripsikan rasanya selain enak. Nasi goreng ini tidak mengenal kalangan, semua lapisan masyarakat dapat menikmati nasi ini. Campuran lauk membuat nasi ini menjadi semakin nikmat, mulai dari lauk sederhana seperti telur hingga campuran lain seperti udang, cumi, ayam, ati ampela, kambing, sosis, daging, dan jenis lauk lainnya memang sangat pas dengan bumbu yang diracik bersama nasi. Apakah anda tahu bagaimana sejarah nasi goreng
Nasi goreng dipercaya dibawa oleh bangsa Tionghoa ke negara-negara Asia Tenggara pada awalnya. Di Tionghoa sendiri nasi goreng ini dipercaya telah dibuat sejak tahun 4000 SM. Pada mulanya nasi ini digoreng karena sajian nasi dingin sangat tidak disukai oleh orang-orang Tionghoa. Oleh karena itu digorengnya nasi menjadi tujuan agar nasi tersebut menjadi hangat kembali. Seiring berjalannya waktu penambahan bumbu, minyak goreng, kecap menjadikan rasa nasi goreng ini menjadi semakin nikmat. Orang-orang Tionghoa yang merantau memulai dikenalnya masakan tersebut di negara lain. Modifikasi dari makanan ini terus berkembang di negara-negara lain. Tetapi di Indonesia sendiri resep nasi goreng ini diturunkan ke generasi baru secara terus menerus, hingga saat ini nasi goreng lebih dikenla sebagai makanan khas nusantara.

Sangat menarik bukan sejarah nasi goreng ini, bagaimana makanan yang bukan diciptakan di Indonesia justru bisa menjadi makanan khas Indonesia. Karena enaknya rasa nasi yang digoreng dengan bumbu ini membuat sang penikmat menempatkan nasi goreng sebagai makanan wajib jika tidak tersedianya menu lain. Makanan yang mudah dibuat namun rasanya enak menambah kepraktisan dari masakan ini. Sejarah nasi goreng mungkin memang bukan berasal dari Indonesia, tetapi saat ini merupakan kewajiban kita untuk melestarikan makanan nomor satu di dunia saat ini. Selamat berkreasi dan menciptakan jenis nasi goreng baru ya, agar nasi goreng tetap memiliki tempat di hati para penikmatnya.


referensi : masakankuliner.com

Sejarah : Pecel


Pecel merupakan salah satu warisan kuliner Indonesia yang berbahan dasar sayur-sayuran dan menggunakan bumbu kacang.
Makanan ini sudah ada semenjak masa penjajahan Belanda. Buktinya, di Suriname, wilayah bekas jajahan Belanda juga terdapat pecel, meskipun ada perbedaan rasa di bumbu dan isinya, karena mengikuti selera dan keadaan di sana (Suriname). Pecel biasanya terbuat dari rebusan sayuran berupa bayam, taoge, kacang panjang,kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun), atau sayuran lainnya yang dihidangkan dengan disiram sambal pecel. Konsep hidangan pecel mirip dengan hidangan salad.Keduanya sama-sama menggunakan sayuran segar sebagai bahan utama (body) dan menggunakan dressing. Perbedaannya adalah, jika kebanyakan salad menggunakanmayones sebagai dressing, maka pecel menggunakan sambal pecel. Makanan ini juga mirip dengan gado-gado, walau ada perbedaan dalam bahan-bahan yang digunakan.

Bahan utama dari sambal pecel adalah kacang tanah sangrai dan cabai rawit yang dicampur dan ditumbuk dengan bahan lainnya seperti kencur, daun jeruk purut, bawang putih,asam jawa, gula merah, dan garam. Pecel sering juga dihidangkan dengan tempe goreng, rempeyek kacang, rempeyek ebi, rempeyek kedelai, atau lempeng beras. Selain itu pecel juga biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat ditambah daging ayam atau jeroan. Cara penyajian bisa dalam piring atau dalam daun pisang yang dilipat yang disebut pincuk. Rasa pecel yang pedas menjadi ciri khas dari masakan ini.

Variasi pecel menurut daerah


Malang

Pecel Malang menggunakan saus khas Jawa Timur memiliki cita rasa kuat dan pedas dengan tekstur bumbu kacang yang kasar. Biasanya nasi pecel Malang disajikan dengan nasi putih hangat ditambah dengam lauk tempe atau tahu serta rempeyek kacang dengan irisan daun jeruk.

Blitar

Sedikit berbeda dengan pecel khas Malang, tekstur bumbu kacang pecel Blitar lebih halus, sedikit lebih berminyak, dan bercita rasa manis dan gurih.
Banyumas
Di wilayah Banyumas, pecel sering pula diberi taburan (sayuran) beraroma khas sehingga meningkatkan nafsu makan, antara lain: biji-biji lamtoro atau irisan bunga kecombrang yang telah dikukus.
Tegal
Nama pecel punya arti berbeda di daerah Slawi, Tegal, Jawa Tengah. Pecel tidak disajikan dalam bentuk sayur-sayuran, melainkan berbentuk rujak. Pecel versi daerah Slawi terdiri dari buah-buahan segar seperti jambu, nanas, pepaya, dan mangga serta disiram dengan saus gula merah kental.
Kediri
Pecel Kediri lebih unik lagi karena biasanya aroma kencurnya agak kurang namun rasa cabai merahnya mantap sehingga lebih manis, gurih, dan pedas. Di Kediri biasanya sambal pecelnya disandingkan dengan sambal tumpang yang terbuat dari cabai dan tempe bosok (tempe kemarin walaupun tidak benar-benar busuk), santan, serta laos yang direbus. Sambal Kacang MURNI Pekalongan Lampung Timur, adalah sambal pecel rasa khas Kediri. Karena resepnya langsung dari Kota Kediri Jawa Timur yang dibawa oleh Ibu Sudarti yang merantau ke Lampung sejak tahun 1940-an

Tulungagung
Pecel tulungagung berbeda dengan pecel lainnya, bumbu pecel Tulungagung diantaranya, bahann utama kacang tanah yang digoreng, dilengkapi dengan kencur, cabai, garam, gula merah, tape singkong goreng, daun jeruk, sehingga rasanya yang pedas dan manis. nasi pecel tulungagung tidak dilengkapi dengan lauk pauk seperti ayam, telur, ati dll, tetapi hanya dengan lauk tempe goreng, rempeyek kacang, ebi, dan ento ento / singkong parut goreng. dan tidak lupa dg sayurannya.


referensi : wikipedia







Monday, January 28, 2013

Tips Jitu Memilih Madu Asli

Madu yang beredar di pasaran Indonesia sangat beraneka ragam, sehingga tidak menutup kemungkinan adanya pembauran antara madu asli dan madu palsu.

Akan tetapi konsumen di Indonesia sering dihadapkan dengan kebingungan, terlebih dalam memilih mana madu asli dan mana madu palsu.

Madu asli adalah madu yang dihasilkan oleh lebah madu yang dikumpulkan dari nectar satu atau beberapa jenis tanaman, kemudian disimpan dalam sarangnya. Madu dari sarang lebah inilah yang dikatakan sebagai madu asli. Madu dalam kemasan dapat dibilang asli apabila proses produksi dari awal sampai pengemasan tidak mengalami pencampuran dengan zat apapun.



Inilah Tips cara memilih mana madu asli dan mana madu palsu :

Teteskan madu di air pada piring beling putih
Ketika piring digoyang ke kiri dan ke kanan , sebelum madu tercampur air akan membentuk segi enam seperti sarang lebah. Semakin lama segi enam itu bertahan berarti makin baik nutrisi yang terkandung dalam madu (INI MADU ASLI), makin cepat segi enam mudar (INI MADU CAMPURAN).

Tidak beku walau disimpan dalam freezer kulkas berbulan-bulan.
Kadar air dalam madu asli biasanya di bawah 20%, akan lebih baik jika kadar airnya sekitar 15%.


Pilih Madu Terpercaya
Jangan tergiur pada kemasan dan harga murah. Biasanya madu asli berkualitas tinggi, harganya lebih mahal dari madu campuran dan madu berkualitas rendah.

Demikian Tips Memilih Madu Asli semoga bermanfaat, jika Anda ingin menambahkan tentangTips Memilih Madu Asli silahkan tinggalkan komentar.Terima kasih.

referensi : http://www.kenadeh.com

Akibat : Keseringan Masturbasi Dapat Menyebabkan Kerusakan Otak


Seperti yang difatwakan ulama dalam kitab Ta'lim Muta'lim, "Orang yang terlalu kebanyakan senggama atau bercinta dengan pasangannya atau masturbasi menyebabkan kebodohan".Bahkan bisa menyebabkan seseorang menjadi pelupa alias pikun.Sebuah penelitian tentang hal tersebut ternyata pro dengan fatwa ulama, berikut sebuah penelitian tentang Over Masturbasi dan Dampaknya.

Pria kadang malu untuk mengakui bahwasanya tidak jarang mereka melakukan masturbasi. Masturbasi memang bukan suatu pembahasan favorit untuk diperbincangkan secara umum.

Namun tahukah Anda, kegiatan solo seks yang banyak dipilih orang sebagai peluapan hasrat seksual ini ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan Anda, demikian seperti yang dilansir Steadyhealth.

Sperma mengandung DNA, yang merupakan pembawa kode genetik keturunan, dan RNA yang mengandung enzim, protein, glukosida, lesitin, kalsium, fosfor, garam biologis, testosteron, dan lain-lain. Namun, sperma bukanlah satu-satunya zat dalam tubuh kita yang mengandung DNA dan RNA.

Ketika ejakulasi dilakukan, persentase yang sangat kecil dari komponen (enzim, protein, glukosida, lesitin, kalsium, fosfor, garam biologis, testosteron) dikeluarkan dari tubuh.

Over-masturbasi, atau lebih tepatnya dikatakan over-ejakulasi merangsang fungsi saraf parasimpatik, yang menghasilkan produksi lebih dari hormon seks yaitu asetilkolin, dopamin dan serotonin.

Abnormal tingkat tinggi hormon seks menyebabkan kelenjar otak dan adrenalin untuk melakukan berlebihan dopamin-norepinefrin-epinefrin konversi. Dengan kata lain, ada perubahan besar kimia tubuh ketika pria atau wanita praktek over-masturbasi.

Menurut penelitian, orang-orang yang over-masturbasi bisa mengalami masalah dengan konsentrasi dan memori, demikian menurut beberapa sumber.

Over-masturbasi juga bisa mengeringkan saraf motor, neuro-otot ujung, dan jaringan asetilkolin dan menggantinya dengan stres. Terlalu banyak adrenalin bisa menyebabkan Anda jadi pelupa, kehilangan memori, kurang konsentrasi, dan floaters-eyes.

referensi :http://www.kenadeh.com

Sejarah : Mata Uang Pertama di Indonesia


Setelah sekian lama Indonesia merdeka yakinlah tidak semua orang pribumi indonesia mengetehui sejarah dari Mata uang pertama kali di Tanah ibu pertiwi ini. ya itu pasti

ORI adalah mata uang pertama yang dimiliki Republik Indonesia setelah merdeka. Pemerintah memandang perlu untuk mengeluarkan uang sendiri yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah tapi juga sebagai lambang utama negara merdeka.
Presiden Soekarno menjadi tokoh yang paling sering tampil dalam desain uang kertas ORI dan uang kertas Seri ORI II yang terbit di Jogjakarta pada 1 Januari 1947, Seri ORI III di Jogjakarta pada 26 Juli 1947, Seri ORI Baru di Jogjakarta pada 17 Agustus 1949, dan Seri Republik Indonesia Serikat (RIS) di Jakarta pada 1 Januari 1950.
Meski masa peredaran ORI cukup singkat, namun ORI telah diterima di seluruh wilayah Republik Indonesia dan ikut menggelorakan semangat perlawanan terhadap penjajah. Pada Mei 1946, saat suasana di Jakarta genting, maka Pemerintah RI memutuskan untuk melanjutkan pencetakan ORI di daerah pedalaman, seperti di Jogjakarta, Surakarta dan Malang.

MASA RUPIAH

Rupiah (Rp) adalah mata uang Indonesia ( kodenya adalah IDR ). Nama ini diambil dari mata uang India, Rupee. Sebelumnya di daerah yang disebut Indonesia sekarang menggunakan gulden Belanda dari tahun 1610 sampai tahun 1817, ketika gulden Hindia Belanda diperkenalkan.
Nama rupiah pertama kali digunakan secara resmi dengan dikeluarkannya mata uang rupiah jaman pendudukan Dai Nippon pada Perang Dunia II. Setelah perang selesai, Bank Jawa, pelopor Bank Indonesia, mengeluarkan Rupiah. Sedangkan Tentara Sekutu mengeluarkan Gulden Nica.
Sementara itu di daerah-daerah lain di di daerah yang sekarang disebut Indonesia, banyak beredar uang yang bertalian dengan aktivitas gerilya.
Pada tanggal 2 November 1949 rupiah ditetapkan sebagai mata uang nasional. Di daerah kepulauan Riau dan Papua, kala itu masih digunakan mata uang lain. Baru pada tahun 1964 dan 1971 rupiah digunakan di sana.
Di daerah Timor Timur, saat masih bergabung dengan Republik Indonesia, rupiah digunakan dari tahun 1976 – 2001.

1. ORI 1 (TAHUN 1945)

Resmi beredar pada 30 Oktober 1946. ORI tampil dalam bentuk uang kertas dengan 8 pecahan, yaitu bernominal 1 sen, 5 sen, 10 sen, 1/2 rupiah, 1 rupiah, 5 rupiah, 10 rupiah, 100 rupiah.
ORI ditandatangani Menteri Keuangan saaat itu A.A Maramis. Pada hari itu juga dinyatakan bahwa uang Jepang dan uang Javasche Bank tidak berlaku lagi. ORI pertama dicetak Percetakan Canisius dengan desain sederhana dengan dua warna dan memakai pengaman serat halus.
1. Pecahan 1 Sen
Pecahan ini tidak memiliki nomor seri dan mempunyai dua variasi warna dasar yaitu violet dan hijau.
satu sen
2. Pecahan 5 Sen
Pecahan ini juga tidak mempunyai nomor seri, dan terdiri dari 3 variasi yaitu:
1. Gambar banteng samar-samar dengan dasar warna violet
2. Gambar banteng samar-samar dengan tepi/bingkai berwarna biru kehitaman
3. Gambar banteng tajam
5 sen warna 15 sen warna 25 sen warna 3
3. Pecahan 10 Sen
Seperti pecahan-pecahan sebelumnya, pecahan 10 sen ini juga tidak memiliki nomor seri. Terdapat sekitar dua variasi warna yaitu coklat dan hitam.
10 sen
Untuk lebih jelas membedakan warnanya lebih mudah bila dilihat dari sisi belakang.
10 sen blkg
4. Pecahan 1/2 Rupiah
Pecahan ini dan seterusnya sudah memiliki nomor seri. Terdapat dua variasi warna dasar yaitu orange dan merah muda.
setengah rupiah
5. Pecahan 1 Rupiah
Semua pecahan ORI I mulai dari satu rupiah sampai dengan 100 rupiah di bagian depan bergambar presiden Sukarno. Pecahan 1 rupiah ini relatif mudah ditemukan dan tidak mempunyai nilai jual yang tinggi.
satu rupiah
Beberapa variasi nomor seri yang ditemukan pada pecahan ini diantaranya adalah:
  • Tanpa angka maupun huruf (kosong)
  • Tanpa angka hanya 2 huruf besar
  • 6 angka dengan satu huruf besar dan satu huruf kecil
  • 6 angka dengan dua huruf besar
6. Pecahan 5 Rupiah
Mempunyai gambar yang sangat mirip dengan pecahan 5 rupiah ORI II, tetapi berbeda dalam tanda tangan dan peletakan nomor seri. Cukup sulit ditemukan dalam kondisi sempurna. Dan terdapat 2 variasi nomor seri yaitu 2 huruf besar dan 3 huruf.
lima rupiah
7. Pecahan 10 Rupiah
Juga mempunyai gambar yang sangat mirip dengan pecahan 10 rupiah ORI II, perbedaan hanya pada tanda tangan. Pecahan ini memiliki setidaknya 6 variasi nomor seri dan semuanya terletak pada macam hurufnya.
8. Pecahan 100 Rupiah
Merupakan pecahan terbesar dari seri ORI I, bergambar presiden Sukarno dan keris di bagian depan serta angka 100 besar di bagain belakang. Pecahan ini mirip sekali dengan pecahan yang sama dari seri ORI II tetapi berbeda dalam tanggal percetakan dan tanda tangan. Pecahan 100 ini sangat sulit dicari yang berkondisi baik sehingga tidak heran harganya sangat tinggi.
seratus rupiah

2. ORI 2 (TAHUN 1947)

ORI II hanya mempunyai 4 pecahan, yaitu 5, 10, 25 dan 100 rupiah. Tiga diantaranya yaitu pecahan 5, 10 dan 100 rupiah mempunyai bentuk yang sama dengan ORI I. Hanya pecahan 25 rupiah saja yang berbeda. Semua pecahan bertanggal Djokjakarta 1 Djanuari 1947 dan ditandatangani oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara.
Uang-uang seri ini tidak mempunyai pengaman yang baik, hanya kualitas kertas dan rahasia pada kode kontrol nomor seri saja yang membedakan apakah uang ini asli atau palsu.
1. Pecahan 5 Rupiah
Pecahan ini relatif mudah ditemukan, dan berharga jual sangat murah. Pecahan ini mempunyai beberapa variasi nomor seri, diantaranya adalah :
1. 6 angka 2 huruf 4-2 mm
2. 6 angka 2 huruf 4-4 mm
3. 6 angka 3 huruf 4-4-2 mm
5 rupiah ori 2
2. Pecahan 10 Rupiah
Bentuk dan warnanya sangat mirip dengan ORI I sehingga sering keliru. Terdapat dua variasi nomor seri, yaitu :
1. 6 angka 3 huruf 4-4-2 mm
2. 6 angka 2 huruf 4-4 mm
sepuluh rupiah ori 2
3. Pecahan 25 Rupiah
Pecahan ini cukup sukar dicari terutama dalam kondisi bagusnya. Harga jualnya juga lumayan tinggi. Terdapat beberapa variasi nomor seri, diantaranya adalah:
1. 2 huruf tebal 5-2 mm
2. 2 huruf tebal 5-5 mm
3. 2 huruf serif 4-4 mm
25 rupiah ori 2
4. Pecahan 100 Rupiah
Bandingkan pecahan ini dengan pecahan yang sama dari seri ORI I, mirip sekali bukan? Harga pecahan 100 rupiah yang berkondisi baik lumayan cukup tinggi. Pecahan 100 ini mempunyai variasi nomor seri sbb :
1. 2 huruf tebal 4-2 mm (lihat contoh pada gambar di bawah)
2. 2 huruf tebal 4-4 mm
3. 2 huruf serif 4-2 mm (lihat contoh pada gambar di bawah)
4. 2 huruf serif 4-4 mm
100 rupiah ori 2

3. ORI 3 (TAHUN 1947)

Seri ORI III terdiri dari 7 jenis pecahan dari yang terkecil yaitu 1/2 rupiah sampai dengan yang terbesar yaitu 250 rupiah. Bertanggal Djokjakarta 26 Djuli 1947 dan ditandatangani oleh Mr. A.A. Maramis. Pada seri ini jugalah terdapat salah satu pecahan terlangka dari semua seri ORI yaitu pecahan 100 rupiah Maramis. Pecahan ini hanya bisa dikalahkan oleh pecahan 600 rupiah pada seri ORI IV.
1. Pecahan 1/2 Rupiah
Berwarna merah-orange di bagain depan dan coklat di bagian belakang. Terdapat versi palsunya yang umumnya berwarna hitam walaupun ada juga yang berwarna orange. Cukup sukar dibedakan apalagi oleh orang awam.
setengah rupiah ori 3setengah rupiah blkg ori 3
2. Pecahan 2,5 Rupiah
Berwarna ungu tua, bernilai jual sekitar 50-100 ribu rupiah perlembar. Juga terdapat versi palsunya yang berwarna merah dan coklat muda. Membedakannya selain dari warna juga perhatikan bentuk nomor serinya.
dua setengah rupiah ori 3dua setengah rupiah blkng ori 3
3. Pecahan 25 Rupiah
Pecahan ini mirip sekali dengan pecahan 25 rupiah seri ORI II, tetapi nomor serinya tercetak SDX 1 dan warnanya hijau. Banyak sekali ditemukan versi palsunya. Harga perlembar sekitar 50 ribu rupiah. Sukar dibedakan dengan aslinya apalagi bila tidak ada pembanding.
25 rupiah ori 325 rupiah blkng ori 3
4. Pecahan 50 Rupiah
Cukup sulit ditemukan, dan bernilai jual cukup tinggi.
50 rupiah ori 350 rupiah blkng ori 3
5. Pecahan 100 Rupiah
Sangat banyak ditemukan versi palsunya dan mungkin lebih banyak daripada aslinya.
100 rupiah ori 3100 rupiah blkng ori 3
6. Pecahan 100 Maramis
Disebut demikian karena bentuknya mirip sekali dengan pecahan 100 rupiah Hatta di seri ORI IV, tetapi berbeda tanda tangan. Selain itu perbedaan juga pada warna nomor seri dan tentu saja harganya. Pecahan ini adalah yang terlangka dan termahal nomor dua setelah pecahan 600 rupiah.
100 maramis100 maramis blkng
7. Pecahan 250 Rupiah
Pecahan ini adalah pecahan dengan nominal terbesar di seri ORI III dan cukup sulit ditemukan, apalagi dalam kondisi sempurna.
250 rupiah ori 3250 rupiah blkng ori 3

4. ORI 4 (TAHUN 1948)

Seri ORI IV ini terdiri dari pecahan2 yang sangat ganjil nominalnya, yaitu: 40 rupiah, 75 rupiah, 100 rupiah Hatta, 400 rupiah dan masterpiece nya uang kertas Indonesia, salah satu uang kertas kita yang terlangka sekaligus termahal yaitu 600 rupiah unissued. Semua ORI IV bertanggal Jogjakarta 23 Agustus 1948 dan ditandatangani oleh Drs. Mohammad Hatta. Pengaman yang digunakan adalah kode kontrol pada nomor serinya.
1. Pecahan 40 Rupiah

Pecahan ini adalah pecahan yang terkecil dan termurah dari seri ini.
40 rupiah40 rupiah blkng
2. Pecahan 75 Rupiah
Sangat sulit ditemukan baik dalam kondisi biasa apalagi dalam kondisi baik. Terdiri dari dua variasi nomor seri yaitu 5 angka dan 6 angka.
75 rupiah75 rupiah blkng
3. Pecahan 100 Rupiah (Hatta)
Bergambar sangat mirip dengan pecahan yang sama pada seri ORI III, tetapi berbeda tanda tangan, warna nomor seri dan warna bagian belakang. Perhatikan dan pelajari bedanya. Pengaman yang digunakan berupa kode kontrol pada nomor serinya.
100 rupiah ori 4100 rupiah blkng ori 4
4. Pecahan 400 Rupiah
Merupakan pecahan yang paling banyak palsunya, sedemikian banyaknya sampai sulit sekali menemukan yang asli. Rahasia untuk mengenal yang asli terdiri dari dua cara. Pertama dengan pengamatan visual, bagi seorang ahli dengan sekali pandang akan mengetahui mana yang asli dan mana yang palsu. Cara kedua yang lebih akurat adalah dengan memperhatikan nomor serinya. Untuk lengkapnya kode rahasia nomor seri ORI dapat dibaca di:
http://www.google.co.uk/translate?u=http%3A%2F%2Fhome.planet.nl%2F%7Ehuism494%2Forigeheimecoderingen.html&langpair=nl%7Cen
Pada website tersebut dijelaskan secara gamblang kode rahasia pada uang ORI, walaupun ada beberapa kekurangan tetapi website tersebut sudah lebih dari mencukupi. Bagi para kolektor yang berminat mengoleksi seri ORI wajib untuk membaca habis seluruh isi website tersebut. Buat salinannya bila perlu dan bawa kemanapun kalian pergi sehingga mudah bila ingin memeriksa keaslian uang kertas ORI.
Satu hal yang patut diperhatikan adalah: kenapa peneliti sekaligus penulisnya adalah orang Belanda? Mengapa orang Indonesia sendiri tidak ada yang melakukan penelitian seperti itu? Padahal uang yang diteliti adalah uang negara kita sendiri.
400 rupiah400 rupiah blkng
5. Pecahan 600 Rupiah
Pecahan ini ditemukan secara tidak sengaja dan terdiri dari satu lembar besar berisi 12 lembar uang ini dalam bentuk yang belum terpotong. Tercetak hanya pada satu sisi. Kemudian lembar besar tersebut dipotong2 menjadi 12 lembar dengan komposisi 6 lembar memiliki tepi (margin) yang bertulisan ENR dan 6 lembar tidak memiliki tepi. Karena hanya terdiri dari 12 lembar maka ORI 600 bernilai sangat mahal dan hampir tidak pernah beredar di pasaran. Pada lelang terakhir uang ini bernilai sekitar Rp. 35 juta rupiah perlembar. Karena langka dan mahal tentu saja banyak versi palsunya.
600 rupiahPecahan ORI 600 rupiah tanpa margin
600 rupiah marginPecahan ORI 600 rupiah dengan margin

5. ORI BARU (TAHUN 1949)

Seri ORI Baru memiliki tingkat kesulitan sangat tinggi, semua pecahannya sangat sukar didapatkan sehingga para kolektor, bahkan yang senior sekalipun seringkali mengalami kesulitan untuk mendapatkan dan melengkapi seri ini. Karena tingkat kesulitannya sangat tinggi maka tidak heran harganya juga tinggi.
Seri ini terdiri dari pecahan2 bernilai kecil, dimulai dari 10 sen (ada dua warna), 1/2 rupiah (juga ada dua warna), 1 rupiah, 10 rupiah (dua variasi) dan 100 rupiah (ada variasi uncutnya). Semuanya bertanggal Djokjakarta 17 Agustus 1949 dan ditandatangani oleh Mr. Loekman Hakim.

1. Pecahan 10 Sen Hijau

Walaupun nominalnya kecil, uang ini sangat sukar didapatkan. Harganyapun fantastis bila dibandingkan nilai atau kualitasnya.
10 sen hijau10 sen hijau blkng
2. Pecahan 10 Sen Merah
Juga sulit untuk didapatkan, nilainya sedikit dibawah pecahan 10 sen yang hijau.
10 sen merah10 sen merah blkng
3. Pecahan 1/2 Rupiah Hijau

Tingkat kesulitannya sangat tinggi, setara dengan pecahan2 kecil lainnya. Harga perlembar kurang lebih sama dengan pecahan 10 sen hijau.
setengah rupiah hijausetengah rupiah hijau blkng
4. Pecahan 1/2 Rupiah Merah
Juga sangat sulit ditemukan, harga relatif sama dengan di atas. Keempat pecahan terkecil ini tidak mempunyai nomor seri.
setengah rupiah merahsetengah rupiah merah blkng
5. Pecahan 1 Rupiah
Sangat sulit ditemukan dalam segala kondisi, harga perlembar sudah berkisar di 1/2 – 1 juta.
satu rupiah 1949satu rupiah 1949 blkng
Versi Proof

Selain versi beredarnya yang mempunyai nomor seri, tenyata pecahan ini juga mempunyai versi proofnya yang berbeda warna dan tidak mempunyai nomor seri maupun tanda tangan. Versi ini sangat langka dan bernilai tinggi sekali. Di lelang terakhir versi proof ini terjual seharga Rp.12,5 juta!!
satu rupiah 1949 proofsatu rupiah 1949 proof blkng
6. Pecahan 10 Rupiah (Hitam)
Sangat sukar didapatkan bahkan untuk kondisi jeleknya sekalipun, bernilai sangat tinggi bisa mencapai angka 1 sampai 4 juta rupiah perlembarnya.
10 rupiah hitam
6. Pecahan 10 Rupiah (Coklat)
Gambar mirip dengan versi yang hitam, tetapi berbeda warna, baik warna uangnya maupun warna tanda tangannya. Perhatikan perbedaannya dengan teliti karena harga lebih murah sekitar 1/2 nya dari versi yang hitam.
10 rupiah coklat10 rupiah coklat blkng
7. Pecahan 100 Rupiah
Terdiri dari 2 bentuk yaitu yang tanpa nomor seri (lebih murah) dan yang bernomor seri (lebih mahal). Tetapi sampai saat ini masih terjadi kontroversi mengenai nomor serinya. Sebagian kolektor mengatakan bahwa uang ini sebenarnya tanpa nomor seri tetapi oleh orang2 tertentu sengaja di cetak sehingga mengakibatkan nilai jual menjadi lebih tinggi. Bagi para pemula diharapkan tidak tertipu dengan uang yang bernomor seri karena mungkin saja palsu, perhatikan tipe huruf dan angka pada nomor seri di bawah ini.
100 rupiah 1949100 rupiah 1949 blkng
Versi Proof

Selain versi biasanya, ternyata ditemukan juga veri proof yang berwarna hitam, tentu saja versi ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Di lelang tahun 2008 versi ini terjual seharga 8 juta rupiah !
100 rupiah 1949 proof
8. Pecahan 100 Rupiah Uncut
Terdiri dari 2 lembar pecahan 100 rupiah yang belum di potong. Dari semua pecahan ORI baru, pecahan 100 rupiah uncut inilah yang termurah, nilai jualnya sekitar Rp.350.000,-
100 rupiah uncut100 rupiah uncut1
———————————
Sumber : www.uang-kuno.com