Thursday, March 28, 2013

TIPS Merawat & Melatih Kucing Peliharaan

Molly
Kucing merupakan binatang yang menggemaskan bahkan tidak jarang pulang kucing bisa di jadikan teman. sangat menyenangkan mempunyai binatang peliharaan kucing' tapi dengan rupanya yang menggemaskan ada sifat yang kurang di sukai dari kucing, sepertihalnya pup sembarangan, pipis sembarangan, muntah dan lain-lain. tapi siftar negatif tersebut bisa di netralisir dengan cara melatihnya.
tidak mudah dan harus memiliki tingat kesabaran yang tinggi untuk melakukan itu semua. di tulisan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara memelihara serta melatih kucing peliharaan.


1. Melatih kucing supaya pup di luar rumah atau pup di tempat yang di sediakan

Dengan cara mengajak kucing keluar rumah setiap pagi kemudian siang menjelang sore. karna menurut saya  kucing cenderung buang air besar itu pada waktu pagi hari dan sore hari. kemudian pastikan ada ruang atau tempat untuk pup si kucing tersebut misalkan sediakan bak pasir atau bisa juga tanah biasa tapi pastikan tanah tersebut kering, lakukan setiap hari mudah-mudahan kucing tersebut akan terbiasa.


membersihkan bekas pup kucing yang sembarangan merupakan suatu hal yang harus kita lakukan terus menerus sampai si kucing mau pup di luar rumah, bersihkan sampai benar-benar bersih karena jika anda membersihkan masih meninggalkan bekas atau bau si kucing pasti akan kembali ke tempat itu lagi dan melakukan hal yang sama.

ingat melatih kucing untuk tidak pup sembarangn itu tidak mudah, apalagi melatih dari kecil itu sangat butuh kesabaran extra. sama halnya dengan manusia atau kita. sewaktu kecil pasti kita tidak mau pup langsung di toilet bukan, pasti kita pup di celana, atau bahkan pupnya jatuh di lantai hihi. itu sama halnya pula dengan kucing, latih dengan sabar :D.


2. Mengatasi kucing yang suka muntah

Kucing muntah hal tersebut pasti ada sebabnya karna apa' kucing termasuk binatang yang sensitif. perhatikan makanan apa yang anda berikan, jangan berikan makanan kucing berlebihan, jangan memberikan makanan-makanan yang mempunyai sifat terlalu manis karana itu akan membuat kucing menjadi mual kemudian muntah, jangan memberikan ikan mentah atau yang berbau mencolok itu juga bisa membuat kucing muntah, jika anda memberikan makanan seperti teri atau ikan asin pastikan sudah anda cuci dengan bersih kemudian goreng dengan minyak bersih (tergantung selera mau di goreng atau tidak), sebenarnya ikan asin tidak bagus di konsumsi kucing karena dapat merusak bulu kucing misalkan rontok kemudian tidak lain yaitu muntah. akan lebih bagus jika kucing di beri asupan makanan khusus untuk kucing karena itu akan membuat bulu kucing terawat dan pastinya tidak muntah asalkan jangan di berikan makan yang berlebihan.

3. Melatih kucing supaya lebih akrab dengan kita (Pemilik)

Memiliki kucing yang jinak kemudian menggemaskan pasti ada kepuasan tersendiri bagi pemilik bukan. nah untuk hal yang satu ini anda harus menyempatkan waktu untuk hal satu ini, misalkankan saja seperti mengajak kucing keluar rumah sambil anda membawa makanan kucing pastinya, berikan kucing makanan sedikit-demi sedikit sampai kucing berusaha tidak akan jauh dari anda pada waktu itu.  jika kucing tidak menghiraukan pasti lagi kekenyangkan kucingnya :), sebaiknya langkah ini anda lakukan pada waktu akan memberikan jatah makan kucing. lakukan setiap hari pasti si kucing akan menunggu anda di setiap momen tersebut. dan kemudian kucing akan semakin hafal dan dekat dengan anda.

4. Mengatasi Bulu yang rontok

Bulu kucing yang tercecer di mana-mana salah satu resiko memelihara kucing selain pup sembarangan. nah bagaimana menetralisirnya??. sebenarnya dapat di atasi dengan cara yang simpel yaitu memberikan makanan khusus kucing. ini merupakan hal yang utama karena kebanyakan bulu kucing rontok di akibatkan makanan yang di konsumsi si kucing tidak cocok, karena itu membuat bulu kucing stres kemudian rontok. cara kedua dengan menyisir bulu kucing berlawanan arah ini semua dilakukan untuk mengurangi kerontokan bulu di sembarang tempat. tapi menurut saya memeberikan makanan khusus untuk kucing akan sangat mempengaruhi perkembangan bulu kucing itu sendiri, paling tidak dengan begitu kerontokan bulu kucing tidak akan banyak atau seperti biasanya. karena banyak produk makanan kucing menyertakan fitamin atau nutrisi untuk menjaga kekuatan serta kesuburan bulu kucing supaya tidak rontok.

5. Mengatasi kucing bau

Nah ini dia, tidak jarang kucing yang kita pelihara terkadang membawa bau yang tidak sedap, pastikan juga anda tidak takut jorok untuk membersihkan kucing anda, misalkan membersihkan telinga kucing yang mungkin sudah tidak bersih, karena bau kucing sekitar 20% bersumber dari teringa kucing yang kotor. bersihkan dengan kapas yang sudah di berikan pula cairan pembersih atau air. kemudian bau yang 80%nya yaitu dari badan si kucing tersebut. sisir bulu kucing dengan sisir khusus atau dengan sisir yang tidak di pakai mungkin dengan begitu bau yang menempel akan sedikit berkurang. atau bisa dengan cara memandikan kucing tersebut. ingat jangan memandikan kucing langsung dengan air dingin karena itu akan membuat si kucing berontak kedinginan kemudian pasti melukai kita karena mencoba kabur. campuri air dengan sedikit air hangat supaya kucing tidak berontak kedinginan. untuk memandingkan kucing jangan dilakukan terlalu sering karna itu akan mempengaruhi kesehatan kucing. cukup 1 minggu sekalai atau 2 minggu.

nah bagitulah cara saya merawat kucing-kucing kesayangan saya semoga bermanfaat :).

Ada sedikit Bonus dari saya :)


Molly lagi Galau :D
Molly & Jerry
Jerry

Jerry 2