Sunday, January 27, 2013

Ponsel Berlayar Sentuh Pertama di Dunia



Teknologi layar sentuh atau yang sering di sebut dengan Touch Screen, merupakan bukan hal yang baru atau bahkan mewah bagi kehidupan kita saat ini. dengan beberapa ratus ribu rupiah saja kita dapat memiliki Handphone dengan fasilitas layar sentuh.

Kebanyakan orang berpikir bahwa ponsel layar sentuh pertama kali dibuat oleh Apple Inc. Memang harus diakui kalau iPhone menjadi ponsel yang mempopulerkan penggunaan fitur touchscreen.

Namun, era ponsel dengan layar sentuh ternyata dimulai jauh sebelum Apple meluncurkan iPhone. Tepatnya mulai tahun 1994 silam.

mengutip dari Business Insider, Kamis (24/1/2013), penyedia solusi komputer IBM ternyata jadi yang pertama membuat ponsel memakai layar sentuh.

Pada tanggal 16 Agustus 1994, IBM secara resmi meluncurkan IBM Simon Personal Communicator. IBM Simon merupakan ponsel pintar dengan sistem operasi Datalight ROM-DOS yang sudah mengusung teknologi layar sentuh.

Ponsel ini dibekali dengan prosesor Vadem berkekuatan 16 MHz. Meskipun demikian, ponsel ini berukuran bongsor, yaitu 20cm x 6,4cm x 3,8cm dengan berat 510 gram.

Sayangnya, istilah smartphone belum ada kala itu. Padahal, ponsel besutan perusahaan yang dijuluki sebagai raja paten itu pantas mendapat sebutan smartphone pertama di dunia.

Saat itu, para peminat IBM Simon harus membayar USD 899 atau sekitar Rp. 8,6 juta dengan 2 tahun kontrak operator. Pilihan lainnya yakni membayar USD 1099 atau sekitar Rp. 10,5 juta tanpa kontrak operator.

Ponsel yang merupakan generasi smartphone pertama ini berhasil terjual sekitar 50 ribu unit selama masa penjualannya. IBM melego Simon sampai dengan bulan Februari 1995, hanya 6 bulan saja dari sejak pertama kali diluncurkan.