Sunday, January 27, 2013

Kevin Systrom (Pendiri Instagram)

Kevin Systrom
Siapa yang kini tak kenal Instagram? Layanan berbagi foto gratis ini begitu populer di kalangan pecinta foto dan dunia maya sehingga dibeli Facebook tahun lalu. Namun, tahukah Anda siapakah pencipta Instagram?
Adalah Kevin Systrom, pemuda yang mampu menggebrak dunia teknologi lewat Instagram, sebuah aplikasi social photo sharing di perangkat mobil iOS dan Android. Pada 2004, Kevin Systrom sempat bertemu dengan Mark Zuckerberg, untuk diajak bergabung dengan timnya. Namun, ia menolak iming-iming bos Facebook tersebut.
Dalam sebuah sesi wawancara dengan majalah Times, Kevin Systrom mengaku ia mempunyai latar belakang fotografi. Ia menggeluti hari-harinya dengan kamera. Kevin Systrom merupakan satu dari alumnus terbaik jurusan Teknik dan Manajeman Sains Universitas Stanford pada 2006.
Ia sempat magang di Odeo (Twitter), Microsoft Sillicon Valley Campus, dan pernah dua tahun bekerja di Google. Pada 2010, Kevin Systrom bersama rekannya, Mike Krieger, mendirikan Instagram. Awalnya, Instagram hanya dikemudikan empat orang lalu menambah hingga 13 pekerja. Awalnya, Instagram hanya menjamah iOS. Dari satu sistem operasi ini saja, aplikasi besutan Kevin Systrom mampu menyedot hingga 30 juta pengguna.

Awal memutuskan masuk ke Android, Instagram tak hanya meledak, bahkan juga sukses meraup satu juta unduhan pada awal perilisan. Yang lebih mengagumkan adalah Instagram mengalahkan Apple Inc sebagai pemenang  App of the Year 2011. Melirik jam terbang Kevin, tak bisa dipungkiri lagi, kini sosok Mark Zuckerberg tak mampu lagi menahan luapan ambisinya untuk segera menggenggam Instagram.
Setelah akuisisi tahun lalu, Kevin Systrom dikabarkan akan menerima bagian dalam bentuk uang tunai serta saham hingga US$400 juta karena ia memiliki 40% saham di Instagram. Prestasi Kevin Systrom terbilang sangat luar biasa hingga saat ini. Dalam usia Instagram yang baru dua tahun, layanan ini kini bernilai lebih dari Rp9 triliun.