Sabtu, 17 November 2012

13 Musisi Asli Indonesia yang di kira Musisi Malaysia

Pada tahun 90'an samapai dengan 2000'an musik beraliran Slow Rock masih mewabah di seluruh ranah Indonesia bahkan sampai Brunei, Malaysia dan Singapore. tapi apakah anda pernah menyangka bahwa dari beberapa musisi yang menyanyikan Lagu yang berjender Slow Rock ini berasal dari Indonesia Asli ?. yang mungkin selama ini anda mengiranya bahwa sang musisi berasal dari negeri sebrang yaitu Malaysia. misalkan saja Sultan dengan Hitsnya "Terpaksa Aku Lakukan". Nah bagaimana dengan musisi lainya mari kita simak bersama :D.

1. Sonia



Penyanyi yang satu ini terbilang sukses di Malaysia dengan hitsnya berjudul "Luruh Cintaku" dan juga "Kau Sebut Namaku". Mulai dari lirik, cengkok dalam menyanyikan lagu hingga video klipnya, tak ada yang mengira jika Sonia adalah penyanyi asal Indonesia, lebih tepatnya berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Hal ini terungkap saat dia diwawancara dalam suatu program musik di sebuah TV swasta. Disitu dia menjelaskan bahwa tampilannya secara keseluruhan yang mirip penyanyi Malaysia dikarenakan Sonia ingin meraih pasar Malaysia maupun di Indonesia. Karir Sonia bersinar sepanjang tahun 1997-2001, kini sonia jadi seorang ibu rumah tangga seperti biasa.

2. Sultan

Debutnya dengan hits bertajuk "terpaksa aku lakukan" di tahun 1999, sempat menduduki posisi teratas dalam tangga lagu populer di radio & televisi di Indonesia. Nyatanya Sultan asli berasal dari Indonesia, tepatnya dari Padang Pariaman. Penyanyi yang konsisten di jalur musik slowrock Melayu ini tak berubah aliran/genre bermusiknya meskipun sekarang tren musik sudah berubak ke aliran pop rock. Sultan memiliki banyak penggemar tak hanya di Indonesia dan Malaysia saja, namun ada juga fans dari Singapore & Brunei Darussalam. Di tahun 2011 Sultan dengan formasi barunya bernama Sultan N'Band meluncurkan album mini bertajuk "Cinta Di Tangan". Dalam mini album tersebut masih terdapat dua buah lagu lagi yaitu, "Mahligai Cinta" dan "Aku Sayang Kamu". Sultan selalu menjelaskan kepada penggemarnya bahwa dirinya asli Indonesia. ”Melayu itu salah satu suku bangsa terbesar di sini, tapi terkadang kita melupakan akar budaya kita,” ungkap Sultan.

3. Darmansyah

Di penghujung tahun 1999, Darmansyah sukses meluncurkan hitsnya yang berjudul "Hanya Satu" baik di pasaran musik Malaysia maupun di Indonesia. Banyak yang tidak menyangka bahwa penyanyi beraliran melayu Deli, berambut gondrong ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Namun setelah meluncurkan hitsnya yang pertama, karirnya sedikit demi sedikit meredup, meskipun di tahun 2001 masih meluncurkan album bertajuk "Cinta Dimana Kini" yang terbilang cukup bagus penjualan albumnya.

4. Ferhat Najib



Penyanyi yang populer dengan hitsnya berjudul "Menentang Perjodohan" itu sempat menghiasi belantika musik Nusantara di akhir tahun 2000. Di Malaysia penyanyi ini terbilang cukup sukses, dan diterima masyarakat negeri Jiran. Namun Ferhat adalah orang Indonesia asli. Kini, di tahun 2011 Ferhat najib berubah haluan dengan bergabung dalam grup musik pop melayu modern "C4lista".

5. Band Fenomena

Masih Ingatkah anda dengan lagu Tiada Yang Lain yang dibawakan oleh FENOMENA? Lagu itu sempat menjadi hits di radio-radio swasta dan negeri di Indonesia di tahun 1998. Walaupun tidak sedikit orang yang mengira bahwa FENOMENA berasal dari Malaysia padahal aslinya memang dari Indonesia, tepatnya dari Jakarta Utara. Memang lagu FENOMENA yang berjudul Tiada Yang Lain sungguh memikat hati dengan bawaan bernuansa Rock Melayu (Slow Rock Melayu). Lagu Tiada Yang Lain juga digunakan sebagai nama judul album mereka dari edaran BLACKBOARD dimana peredarannya tak hanya dipasarkan ke Indonesia saja tetapi sampai ke Malaysia, Singapura, BrunaiDarussalam hingga ke Hongkong.

6. Rudiath RB

Rudiath RB adalah penyanyi yang berasal dari Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Mulai dikenal banyak orang ketika hadir lagu yang menjadi hits yaitu "Ternyata" sekitaran tahun 1997 dari stasiun radio dan videoklipnya di TV. Lagu lagu hits dari Rudiath kebanyakan berawalan TER, misalnya : terlalu, terlanjur, terluka dan ternyata.

7. Gan Rose

Siapa dia, inginku mengenalnya, berkali jumpa ku terpesona, sunggu ku telah tergoda, sedangkan cinta ku yang luka, belum sembuh adanya, Reff : masih ingatkah sayang waktu kita berdua, ku belai kau peluk diriku dengan sepenuh hatimu. Itulah sepenggal lirik lagu yang berjudul SIAPA DIA. Lagu yang dinyanyikan oleh grup band Gan Rose ini cukup hits pada jamannya. Album Sandiwara Biru terbitan Akurama Records pada tahun 1999 ini sering wara wiri di acara Album Minggu-nya TVRI, gaya rambut gondrong dan pakaian khas rocker jaman jadul jadi video clip mereka. Siapa sangka dengan lagu berirama melayu ini ternyata mereka juga adalah musisi asli Indonesia

8. Asahan

Tiada apa yang dapat ku rasakan, Selain dari cintaku padamu, Tiada lafaz sendu yang terindah, Yang dapat ku gambarkan padamu. sepenggal lirik lagu CInta Tasik Malaya ini adalah lagu yang dibawakan oleh Band Asahan, sesuai dengan namanya band ini berasal dari Sumatera Utara, tepatnya Kabupaten Asahan dan sempat hits pada tahun 2000.

9. Iwan Salman

Pernah dengar lagu "Yang Sedang-Sedang saja" dimana iramanya mirip lagu India Tinak Tin Tana dari film MANN. Lagu ini dinyanikan oleh Iwan Salman, seorang penyanyi beraliran dangdut dan melayu asal Medan, yang kemudian merantau ke Malaysia. Bahkan lagu Bang Haji Rhoma Irama pun dinyanyikannya yang berjudul "tung keripik"

10. Thomas Arya

Thomas arya adalah salah satu penyanyi melayu yang cukup produktif, dimana dia bisa mengeluarkan album hampir setiap tahun. Dimulai dari Bunga (2004) Syahara (2005), Sheyla (2006) Bukan Tak Setia (2008) Bunga Edelweis feat Yelse (2009) Cinto Kasiah (2011) Mahligai Cinto (2012). Thomas Arya adalah penyanyi asal Padang Sumatera Barat, lagu-lagu hist nya antara lain Bunga, Sahara, dan Sheyla.

11. Yelse

Sama seperti Thomas Arya, penyanyi wanita ini juga berasal dari Padang dan lagu-lagu dalam albumnya kebanyakan duet bersama Thomas Arya sejak tahun 2009an

12. Rhiena

Penyanyi wanita asal sumatera barat seperi yelse yang cukup sukes dengan album TERBUAI MIMPI pada tahun 2006

13. Guslian

Sampainya hatimu melati, Membuat kuterluka pedih, Betapa kutanggung derita, Kurela asal kau bahagia. Lagu Melati yang pergi adalah salah satu hits dari Guslian, penyanyi slow rock melayu asal padang pada akhir 2000an.


sebegitu mirisnya jika para rekan pembaca semuanya pasti menyangka jika lagu-lagu yang genre Slow Rock ini berasal dari negara tetangga, dan tanpa kita sadari sebenernarnya musisi-musisi terbaik yang pernah berjaya pada tahun 90an hingga sampai sekarang ini adalah musisi Asli Indonesia. Semoga beranfaat :D.